Sasaran Non Fisik TMMD Sengkuyung Tahap IV Kodim 0701/Banyumas Gelar Penyuluhan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan

Banyumas - Selain menggelar kegiatan fisik berupa pembangunan insfrastruktur, Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap IV Kodim 0701/Banyumas melaksanakan kegiatan non fisik dengan berbagai materi penyuluhan termasuk Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan.


Dalam rangka kegiatan non fisik TMMD Sengkuyung Tahap IV, Danramil 10/Sumpiuh yang diwakili Babinsa Koramil 10/Sumpiuh, Serka Setiono hadir kelokasi TMMD untuk memberikan penyuluhan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan yang dilaksanakan di Balai Desa Pandak Kec. Sumpiuh Kab. Banyumas. Selasa (08/10/2024).

Dalam kegiatan Non Fisik TMMD Sengkuyung Tahap IV turut juga dihadiri Wakasat Binmas Polresta Banyumas Kompol Agus subianto, perwakilan Dinas Kominfo Kab. Banyumas Sri Handayani SH, Kades Pandak Abbas Wahyudi, Babinsa Desa Pandak Sertu Prasetyo, Babinkamtibmas Pandak Bripka Dedi, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Desa pandak, Ketua Rt/Rw dan Linmas Desa Pandak.

Babinsa Koramil 10/Sumpiuh Serka Setiono dalam kesempatan tersebut, memberikan penyuluhan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dengan penuh semangat dan dedikasi, peserta menyimak dengan seksama setiap informasi yang disampaikan, menunjukkan antusiasme mereka dalam meningkatkan pemahaman akan nilai-nilai kebangsaan.

Babinsa menjelaskan betapa pentingnya meningkatkan Wawasan Kebangsaan dengan menanamkan jiwa bela negara, rasa cinta tanah air, menjaga persatuan dan kesatuan, semangat gotong royong, saling menghormati satu sama lain, dan terus memupuk semangat nasionalisme.

“Pentingnya menanamkan jiwa nasionalisme dan bela negara dimulai dari tingkat paling bawah agar masyarakat memilki kesadaran serta wawasan kebangsaan yang tak mudah untuk digoyahkan ditengah pengaruh dunia milenial, sehingga tetap tidak kehilangan jati diri sebagai bangsa yang merdeka,”ucapnya.

Ia juga mengingatkan bahwa “membela negara bukan hanya tugas dari TNI dan Polri saja, melainkan juga kewajiban seluruh masyarakat Indonesia,” tambahnya.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari berbagai upaya yang diadakan dalam TMMD Sengkuyung Tahap IV yang menunjukkan komitmen bersama dari berbagai pihak dalam membangun kesadaran dan semangat kebangsaan di tingkat lokal. Diharapkan, melalui serangkaian kegiatan ini, akan terbentuk masyarakat yang tangguh dan penuh rasa cinta tanah air. (Str).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukseskan Program Pemerintah, Babinsa Jadi Akseptor KB MOP

Aksi Sigap Babinsa Cihonje Atasi Kesulitan Warga Binaanya

Anggota Koramil 08/Kalibagor Bersama Wanita Lansia Laksanakan Senam Bersama