Dandim Banyumas Sambut Kunjungan Kerja Panglima TNI Dalam Rangka Peresmian Pompa Hidram Pertanian

Banyumas - Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama S.T., M.Han., menyambut Kunjungan Kerja Panglima TNI Jenderal  TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., bersama Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., dalam rangka Peresmian Pompa Hidram Pertanian di Bendung Gerak Serayu, Desa Tambaknegara Kec. Rawalo, Kab. Banyumas, Rabu (9/10/2024).


Peresmian Pompa Hidram juga dihadiri, Pangkostrad Letjen TNI Mohamad Hasan, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi, S.I.P., M.Si., Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Dr. Ribut Hari Wibowo, SH., SIK., M.H., serta beberapa Asisten Panglima TNI dan Asisten Kepala Staf Angkatan Darat, perwakilan Kementan RI, perwakilan Pj. Gubernur Jawa Tengah, Pj. Bupati Banyumas, segenap unsur Forkopinda Kab. Banyumas, Forkopincam Rawalo, dinas/instansi terkait dan tokoh masyarakat lainnya.

Pompa hidram Ini merupakan program dari bidang teritoral TNI dalam rangka membantu pemerintah khususnya dari kementerian pertanian dalam upaya mencukupi ketersediaan air di setiap wilayah Indonesia khususnya daerah yang kurang teraliri air dalam bidang pertanian.

Panglima TNI Jenderal  TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., menyampaikan bahwa pembangunan pompa hidram dari Sungai Serayu yang nantinya akan dialirkan ke Desa Tambaknegara, Desa Rawalo dan Desa Sanggreman dengan jarak terjauh 14 Kilometer diharapkan dapat memenuhi pasokan air untuk 343 hektar persawahan di areal tersebut.

"Kami berharap dengan aliran air ini, para petani yang tadinya panen satu tahun sekali karena tadah hujan sekarang bisa panen hingga tiga kali dalam setahun," ungkap Panglima TNI.

Panglima TNI juga menambahkan, digunakannya instalasi pompa hidram karena melihat kontur wilayah dimana sungai lebih rendah dibandingkan areal persawahan sehingga dengan pompa hidram ini, diharapkan air dari Sungai Serayu dapat ditarik ke bak primer di ketinggian 40 MDPL tanpa memerlukan mesin atau listrik dan kemudian dapat dialirkan ke bak pembagi di 3 desa.

Selain di Banyumas, pompa hidram sudah banyak dibangun oleh TNI di berbagai wilayah Indonesia seperti Nusa Tenggara Timur, Papua dan di berbagai wilayah lain.


"Hingga saat ini TNI telah membangun 3.900 pompa hidram dan terus akan kita lakukan. Nanti para Babinsa (Bintara Pembina Desa) yang ada di wilayah memberikan informasi kepada kita, bottom up, dan kita langsung aksi, ada timnya khusus yang untuk membuat pompa hidram tersebut," jelas Panglima TNI.

Selain meresmikan pompa hidram, Panglima TNI yang didampingi oleh Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., juga meninjau kegiatan bakti kesehatan, program unggulan Kodam IV/Diponegoro, meninjau UMKM, melaksanakan penanaman pohon serta memberikan bantuan 1.000 paket sembako dan santunan kepada anak yatim di wilayah Rawalo sebagai bagian dari kegiatan sosial TNI. (Str).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukseskan Program Pemerintah, Babinsa Jadi Akseptor KB MOP

Aksi Sigap Babinsa Cihonje Atasi Kesulitan Warga Binaanya

Anggota Koramil 08/Kalibagor Bersama Wanita Lansia Laksanakan Senam Bersama