Aksi Bersih Sungai Kodim Banyumas Dalam Rangka Menyambut HUT Ke-79 TNI

Banyumas - Untuk mewujudkan kelestarian lingkungan serta untuk menjaga kesehatan di lingkungan masyarakat, Kodim 0701/Banyumas Korem 071/Wijayakusuma melaksanakan kegiatan Karya Bakti berupa Pembersihan Sungai dan Penaburan Benih Ikan di Sungai Banjaran Kelurahan Kedungwuluh Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. Selasa (24/09/2024). 


Kegiatan karya bakti dalam rangka rangkaian kegiatan HUT Ke-79 TNI ini melibatkan Anggota Kodim 0701/Banyumas dan bekerja sama dengan Polresta Banyumas, Brimob Batalyon D Purwokerto, Forkopincam Purwokerto Barat dan masyarakat sekitar.

Turut hadir dalam kegiatan, Dandim 0701/Banyumas, Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama, S.T., M.Han., Kasdim 0701/Banyumas Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian, UPKP DLH Kab. Banyumas Muhilal, Camat Purwokerto Barat Ir. Sutarno MSi, Kapolsek Purwokerto Barat AKP Mugiono SH, Danramil 25/Purwokerto Selatan Kapten Arm Alisobirin, Para Pasi Dim 0701/Banyumas, Lurah Kedungwuluh dan Lurah Bantarsoka , Anggota Kodim 0701/Banyumas, Anggota Polsek Purwokerto Barat, Anggota Brimob Batalyon D Purwokerto, Alumni Angkatan Resimen Republik Indonesia, Staf Kecamatan Purwokerto barat, Staf Kelurahan Kedungwuluh, Ormas PP, FKPPI dan Mayarakat sekitar bantaran Sungai Banjaran.

Kegiatan diawali dengan Apel yang dipimpin langsung Dandim 0701/Banyumas Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama, S.T., M.Han., dalam sambutannya beliau menyampaiakan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan Karya Bakti Pembersihan Sungai dan Penaburan Benih Ikan di Sungai Banjaran.

“Karya bakti ini disamping dalam rangkaian kegiatan HUT Ke-79 TNI, ini juga sebagai momentum untuk menumbuhkan semangat kebersamaan dan kegotong royongan didalam menjaga kelestarian lingkungan dan juga sebagai bentuk edukasi guna membentuk kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan aliran sungai,”ungkap Dandim.

Aksi dimulai dengan membersihkan sampah dan rumput liar bagian tepi sungai dibersihkan secara manual dengan memungut sampah, sedangkan badan air Sungai Banjaran dibersihkan menggunakan alat seadanya, ini dilakukan agar aliran sungai dapat mengalir dengan lancar dan terus terjaga kebersihannya.


Selesai kegiatan Karya bakti di lanjutkan dengan penaburan benih ikan melem dan mujair sebanyak 2500 ekor ikan ke dalam sungai banjaran dengan harapan penebaran benih ikan tidak hanya menambah populasi ikan, tetapi juga ditujukan untuk menjaga ekosistem dan kelestarian lingkungan sekitar sungai.

“Penebaran benih ikan dinilai sangat penting, karena dapat menambah pasokan dan stok ikan dan juga sebagai upaya pengembalian ekosistem biota air sungai di Sungai Banjaran,”pungkasnya. (Str).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukseskan Program Pemerintah, Babinsa Jadi Akseptor KB MOP

Aksi Sigap Babinsa Cihonje Atasi Kesulitan Warga Binaanya

Anggota Koramil 08/Kalibagor Bersama Wanita Lansia Laksanakan Senam Bersama