Dandim 0701/Banyumas Dampingi Aster Kasad Dalam Peninjauan Pompanisasi

Banyumas - Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama S.T., M.Han., mendampingi Aster Kasad Mayjen TNI Joko Hadi Susilo, S.I.P., melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka peninjauan Pompanisasi di Bendungan Gerak Serayu, Desa Tambaknegara Kec. Rawalo, Kab. Banyumas. Minggu (18/08/2024).


Turut hadir dalam rombongan Aster Kasad, Kolonel Inf Iwan Budiarso (Paban VI Wanwil Sterad), (Paban IlI/Tahwil Mabesad) dan (Paban IlI/Tahwil Mabesad).

Tinjauan langsung dilakukan Aster Kasad Mayjen TNI Joko Hadi Susilo, S.I.P. ke instalasi pompanisasi yaitu Sodetan Air dari Sungai Serayu, Bak transit penampunagan air dan Pompa Hidram yang berada di Bendungan Gerak Serayu, Desa Tambaknegara Kec. Rawalo, Kab. Banyumas. 

Peninjauan Pompanisasi di Bendungan Gerak Serayu ini bertujuan untuk melihat perkembangan Pompanisasi yang nantinya akan digunakan untuk pengairan sawah tadah hujan yang akan dialirkan ke Desa Tambaknegara, Desa Rawalo dan Desa Sanggreman. Untuk membantu pengairan kepada petani dan dapat melancarkan arus air sehingga bisa masuk ke lahan pertanian.

Pompa air ini digunakan untuk memompa air dari sungai ke sawah petani. Program pompanisasi ini nantinya digunakan petani untuk membantu pengairan saat pengolahan lahan dan penanaman sehingga diharapkan dapat meningkatkan penambahan areal tanam (PAT) padi di daerah tersebut.

Dengan adanya program Pompanisasi kepada para petani diharapkan dapat meningkatkan hasil panen sehingga para petani lebih sejahtera, dengan adanya pasokan air yang sangat penting mengingat masih banyak masyarakat yang tidak memiliki akses yang memadai seperti yang awalnya satu tahun hanya bisa sekali panen nanti kedepannya bisa lebih dan tidak terpengaruh pada musim, serta mendukung upaya-upaya peningkatan produksi pangan lokal maupun nasional, terutama di tengah tantangan perubahan iklim yang kian nyata.


Hal ini sejalan dengan perintah Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., Dalam rangka percepatan tanam yang merupakan bagian dari dukungan TNI terhadap program pompanisasi yang digagas oleh Kementerian Pertanian yaitu menginstruksikan untuk segera melakukan penelusuran terhadap sungai-sungai besar yang memiliki kapasitas air yang cukup untuk dialirkan ke lahan persawahan di Pulau Jawa.

Pada kesempatan tersebut  Aster Kasad beserta rombongan didampingi  Kolonel Inf Lukman Hakim, S.Si, M.Tr.(Han) (Aster Kasdam IV/ Diponegoro), Kolonel Inf Jamaluddin, S.I.P (Danrem 071/Wijayakusuma), Kol Inf Adolf Surung Simanjuntak (Pabandya VI  Slogad), Kol Cpl Heri (Kapal Kostrad), Kol Inf Shofanuddin (Paban Sterad), Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama S.T., M.Han., (Dandim 0701/Banyumas), Mayor Inf Yohanes Pito Ama (Tim Lapangan Kostrad), Mayor Inf Suwandi (Pasiter Korem 071/Wijayakusuma), Mayor Inf Rofiq Alfian (Kasdim 0701/Banyumas), Mayor Chb Untung Priyatna (Pasi Intel Korem 071/Wijayakusuma), Kapten Inf Subandi (Pasiter Kodim 0701/Banyumas), Kapten Inf Sentot Priyanto (Danramil 16/Rawalo), Kapten Inf Karno (Dantim Intelrem 071/Wijayakusuma), Ir. Jaka Budi Santoso, M.M (Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Banyumas), AKP Eddy Susianto, S.H (Kapolsek Rawalo), Agus (Perwakilan BWS SDA Serayu Opak), Supyan Tsauri (Kepala Desa Rawalo), Slamet (Kepala Desa Sidamulih), Wito Setiadi (Kepala Desa Sanggreman)dan Sulam (Kepala Desa Tambaknegara). (Str).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukseskan Program Pemerintah, Babinsa Jadi Akseptor KB MOP

Aksi Sigap Babinsa Cihonje Atasi Kesulitan Warga Binaanya

Anggota Koramil 08/Kalibagor Bersama Wanita Lansia Laksanakan Senam Bersama