Danramil Kalibagor Beri Wawasan Kebangsaan Kepada Satlinmas Desa Suro Dalam Sasaran Non Fisik

Banyumas – Program TMMD Sengkuyung Tahap III tidak hanya melaksanakan program  fisik saja akan tetapi kegiatan non fisik juga dilaksanakan sebagai upaya peningkatan kemampuan masyarakat. Hal ini disampaikan oleh Danramil 08/Kalibagor Kodim 0701/Banyumas Korem 071/Wijayakusuma Kapten Arm Warih Wiono saat membuka acara kegiatan Non Fisik TMMD Sengkuyung Tahap III Bertempat di Aula Balai Desa Suro Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas. Kamis (25/07/2024).


Dalam kegiatan Non Fisik TMMD Sengkuyung Tahap III turut juga dihadiri Kompol Agus Subianto, SH. (Kasat Binmas Polresta Banyumas), Ipda Joni Firmadi, SH (Wakapolsek Kalibagor), Serka Juwarno (Babinsa Desa Suro), Bripka Dian Prihasto, S.Kom (Bhabinkamtibmas Desa Suro), Suwandi (Sekdes Desa Suro) dan Anggota Linmas Desa Suro.

Danramil 08/Kalibagor dalam kesempatan tersebut, memberikan penyuluhan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada Anggota Linmas Desa Suro dengan penuh semangat dan dedikasi, peserta menyimak dengan seksama setiap informasi yang disampaikan, menunjukkan antusiasme mereka dalam meningkatkan pemahaman akan nilai-nilai kebangsaan. 

“Pentingnya menanamkan jiwa nasionalisme dan bela negara dimulai dari tingkat paling bawah sampai tingkat Desa dimana Linmas sebagai ujung tombak yang setiap saat berada ditengah-tengah masyarakat bisa menjadi teladan dan contoh pada masyarakatnya,”kata Danramil.

Bela negara juga merupakan kerelaan berkorban jiwa dan raga akan ancaman baik internal maupun eksternal yang membahayakan kemerdekaan, kedaulatan negara, persatuan dan kesatuan bangsa, serta mengancam keutuhan NKRI. 

“Jadi membela negara bukan hanya tugas dari TNI dan Polri saja, melainkan juga kewajiban seluruh masyarakat Indonesia, hanya bentuknya berbeda-beda. Satlinmas merupakan jajaran keamanan pertama yang turun langsung ke masyarakat, dengan dituntut untuk bekerja secara sukarela, dapat dipastikan tugas yang dilakukan Satlinmas tidaklah mudah, ” tambahnya.

Harapannya Satlinmas bisa membantu melaksanakan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di wilayah, melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari berbagai upaya yang diadakan dalam TMMD Sengkuyung Tahap III yang menunjukkan komitmen bersama dari berbagai pihak dalam membangun kesadaran dan semangat kebangsaan di tingkat lokal. Diharapkan, melalui serangkaian kegiatan ini, akan terbentuk masyarakat yang tangguh dan penuh rasa cinta tanah air. (Str).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukseskan Program Pemerintah, Babinsa Jadi Akseptor KB MOP

Aksi Sigap Babinsa Cihonje Atasi Kesulitan Warga Binaanya

Anggota Koramil 08/Kalibagor Bersama Wanita Lansia Laksanakan Senam Bersama