Danramil 06/Kembaran Beri Pemahaman Bela Negara Kepada Siswa SMP Negeri 2 Kembaran

Banyumas – Wujudkan rasa kecintaan generasi muda terhadap NKRI, Danramil 06/Kembaran Kodim 0701/Banyumas Korem 071/Wijayakusuma Kapten Inf Rasto  memberikan materi Bela Negara kepada siswa siswi SMP Negeri 2 Kembaran. Kamis (13/06/2024).


Kegiatan wawasan kebangsaan oleh Komandan Koramil 06/Kembaran Kapten Inf Rasto kepada siswa siswi di SMP Negeri 2 Kembaran dihadiri oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Kembaran M Tejhowibowo, Kapolsek Kembaran AKP Mufti Effendi.SH.MH., Babinsa Koramil 06/Kembaran dan Bhabinkamtibmas Polsek Kembaran, Bapak ibu guru SMP Negeri 2 Kembaran dan Siswa Siswi murid SMP Negeri 2 Kembaran.

Pada kesempatan itu Danramil menyampaikan tentang pemahaman bela negara dan cinta tanah air, pengertian cinta tanah air adalah perasaan yang timbul dari dalam sanubari seorang warga negara untuk mengabdi dan memelihara membela, melindungi tanah airnya dari segala ancaman dan gangguan.

Lebih lanjut Danramil menyampaikan bahwa pentingnya wawasan kebangsaan bagi para pemuda, karena para pemuda merupakan ujung tombak dan tumpuan masa depan bangsa, bela negara adalah tanggung jawab dan kewajiban seluruh masyarakat, namun setiap masyarakat bisa memiliki cara bela negara yang berbeda-beda, bentuk kesadaran bela negara bagi pelajar akan berbeda dengan yang lain. Lalu, seperti apa bentuknya?

"Mengikuti serta mempelajari pendidikan kewarganegaraan, rajin belajar, mentaati semua tata tertib di sekolah, rajin dan selalu khidmat saat mengikuti upacara, selalu menghormati guru, berkontribusi dalam berbagai kegiatan sosial" jelasnya.

Mengakhiri pembekalannya Danramil berpesan kepada seluruh siswa siswi SMP Negeri 2 Kembaran, agar tingkatkan iman dan taqwa, patuh kepada kedua orang tua, selalu taat pada aturan baik di sekolah maupun dilingkungan, jaga etika terhadap guru, teman dan orang lain, jangan sampai terpengaruh maraknya penggunaan narkoba, miras, perkelahian dan kegiatan yang melanggar hukum" pesan Danramil 06/Kembaran Kapten Inf Rasto.

Sementara itu Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Kembaran M Tejhowibowo mengatakan dengan adanya materi wawasan kebangsaan ini dapat menumbuhkan jiwa patriotisme dan menanamkan rasa cinta tanah air kepada siswa.

"Kami berharap ilmu pengetahuan yang diberikan Komandan Koramil 06/Kembaran dapat menambah bekal ilmu dan wawasan yang berguna dan bermanfaat agar nantinya siswa siswi kami dapat menjadi generasi muda yang membanggakan bagi nusa dan bangsa di kemudian hari," pungkas Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Kembaran. (Str).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukseskan Program Pemerintah, Babinsa Jadi Akseptor KB MOP

Aksi Sigap Babinsa Cihonje Atasi Kesulitan Warga Binaanya

Anggota Koramil 08/Kalibagor Bersama Wanita Lansia Laksanakan Senam Bersama