Selamatkan Habitat Ikan Sungai, Babinsa Koramil 23/Cilongok Himbau Masyarakat

Banyumas – Aksi cepat dilakukan Serma Hidayat, Babinsa Desa Panembangan Koramil 23/Cilongok Kodim 0701 Banyumas Korem 071/Wijayakusuma bersama linmas dan masyarakat dalam upaya pelestarian ikan endemik sungai prukut, Desa Panembangan Kecamatan Cilongok kabupaten Banyumas. Rabu (15/05/2024).


Berawal dari rasa keprihatinannya terhadap lingkungan khususnya di wilayah sungai prukut dimana semakin sedikitnya habitat ikan, Serma Hidayat, Babinsa Desa Panembangan bersama linmas dan unsur masyarakat turun langsung menghimbau agar stop menangkap ikan dengan racun ,setrum dan zat kimia lainnya serta himbauan dilarang membuang sampah sembarangan di bantaran sungai.

Dalam kegiatannya Babinsa menyampaikan kepada warga dalam mencari ikan hendaknya menjaga keamanan pribadi dan kesehatan lingkungan dengan tidak menggunakan cara-cara yang dilarang oleh pemerintah, seperti menggunakan racun ikan potas atau tuba, bom ikan dan setrum yang mengancam populasi ikan di sungai Prukut yang kian hari semakin berkurang.

Himbauan tersebut dilakukan demi menjaga kelestarian dan keseimbangan ekosistem perairan sekaligus untuk melestarikan keberadaan spesies ikan keberlangsungan ekosistem ikan. Dengan memasang banner menjaga lingkungan di sekitar bantaran sungai prukut.


Dengan pemasangan banner tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kebersihan sungai sehingga tidak ada lagi yang membuang sampah sembarangan karena sangat membahayakan terjadinya banjir serta kesehatan lingkungan yang tidak terjamin terbukti dengan meningkatnya kasus penyakit DB yang cukup tinggi,” ungkapnya.

Kegiatan Babinsa Koramil 23/Cilongok Kodim 0701 Banyumas  ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian sungai, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik dan berkelanjutan.(Str).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukseskan Program Pemerintah, Babinsa Jadi Akseptor KB MOP

Aksi Sigap Babinsa Cihonje Atasi Kesulitan Warga Binaanya

Anggota Koramil 08/Kalibagor Bersama Wanita Lansia Laksanakan Senam Bersama