Wujud Kesiapsiagaan, Satlinmas Karangkemiri Diberi Bekal TNI-Polri

Banyumas – Sinergitas TNI-Polri dari Koramil 22/Karanglewas Kodim 0701/Banyumas Korem 071/Wijayakusuma dan Polsek Karanglewas memberikan pembekalan tentang fungsi dan peran Linmas serta pelatihan baris berbaris (PBB), penanganan bencana dan wujud kesiapsiagaan menghadapi Pemilu damai 2024 kepada Linmas (Pelindung Masyarakat) di Lapangan Bonavita Desa Karangkemiri Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas, Senin 22/01/2024.


Kegiatan tersebut merupakan salah satu cara untuk membentuk kedisiplinan dalam bertugas dan meningkatkan kemampuan Linmas. dimana dalam latihan tersebut juga dapat menciptakan rasa cinta tanah air dan bangsa serta sebagai langkah mendukung pelaksanaan kegiatan dalam bertugas sehari-hari sebagai pelindung masyarakat.

Pada kesempatan itu Danramil 22/Karanglewas Kapten Arh Wagim yang turun langsung kelapangan menyampaikan bahwa untuk memberikan pembekalan serta pelatihan baris berbaris, tata upacara dan penanganan bencana serta edukasi tentang kesiapsiagaan menghadapi pemilu damai 2024 kepada Linmas yang dilaksanakan atas permohonan dari Kepala Desa setempat  yang melibatkan Koramil dan Polsek Karanglewas.

Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat serta kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya. Terangnya.

Selain itu pelatihan tersebut akan meningkatkan jiwa kebersamaan yang tinggi antar sesama Linmas, membina mental yang kuat serta dapat meningkatkan  kerjasama yang baik. Disela-sela pelatihan PBB juga disisipkan tentang materi wawasan kebangsaan guna memupuk jiwa nasionalisme yang tinggi, jelas Danramil.

Dalam pelatihan baris berbaris para Linmas dilatihkan beberapa gerakan di tempat mulai dari sikap sempurna, latihan penghormatan, sikap istirahat dan beberapa gerakan hadap kiri, hadap kanan dan balik kanan Selain itu dilatihkan gerakan berjalan seperti langkah tegap, langkah biasa dan gerakan lainnya serta untuk menjaga imunitas Linmas tetap terjaga dengan baik. Pungkasnya. (AuL).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukseskan Program Pemerintah, Babinsa Jadi Akseptor KB MOP

Aksi Sigap Babinsa Cihonje Atasi Kesulitan Warga Binaanya

Anggota Koramil 08/Kalibagor Bersama Wanita Lansia Laksanakan Senam Bersama