TNI-Polri Dan Pemkab Banyumas Gelar Pasukan Hadapi Pemilu Damai 2024

Banyumas – Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, S.Sos., M.M., M.Han., pimpin apel gelar pasukan dalam rangka Apel Kesiapsiagaan Pengamanan Pemilu 2024 Jajaran Korem 071/Wijayakusuma tingkat wilayah Eks Karesidenan Banyumas yang diselenggarakan di Lapangan Makorem 071/Wijayakusuma Jl. Gatot Subroto Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Rabu 17/01/2024.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, S.I.K., M.H. (Kapolresta Banyumas),  Kolonel Laut (P) Bambang Subeno, M.Tr,Hanla.,M.Si (Danlanal Cilacap), Letkol Arm Ida Bagus Purnama (Dandim 0701/Bms), Letkol Inf Dipo Sabungan Lumban Gaol (Dandim 0702/Pbg), Letkol Inf Andi Yuliazi, S.E., M.I.P (Dandim 0703/Clp), Letkol Inf Dhanang Agus Setiawan, S.E., M.Si (Dandim 0704/Bna), Hanung Cahyo Saputro, S.STP, M.Si, (Pj. Bupati Banyumas), Sarwa Pramana (Pj. Bupati Purbalingga), Awaluddin Muuri, A.P., M.M (Pj. Bupati Cilacap), Tri Harso Widirahmano, S.H. (Pj. Bupati Banjarnegara), Mayor Inf Yusuf Prasetyo, SE (Danyonif 405/Sk), Para Kasi Jajaran Korem 071/Wk, Ka/Dan Balak Aju Dam IV/Dip wilayah Korem 071/Wk, Mayor Pnb Sekti Ambarwaty (Danlanud Jenderal Besar Sudirman), Kompol Asfaroni, S.H (Danyon Brimob Yon D Pelopor Sat Brimob Purwokerto), Sugeng Amin, SH ( Kasatpol PP Kab. Banyumas).

Untuk Peserta apel terdiri dari Personel gabungan Denpom IV/1 Purwokerto, Kodim 0701/Banyumas, Kodim 0702/Purbalingga. Kodim 0703/Cilacap, Kodim 0704/Banjarnegara, Yonif 405/Suryakusuma, Yonif 406/Candrakusuma, Polresta Banyumas, Brimob Purwokerto dan Satpol PP Banyumas serta gelar kendaraan dinas dari masing-masing instansi.

Dalam sambutannya Danrem 071/Wijayakusuma membacakan amanat dari Pangdam IV/Diponegoro yang isinya marilah senantiasa kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya pada hari ini kita dapat mengikuti Apel Kesiapsiagaan Pengamanan Pemilu Tahun 2024 Satuan Kodam IV/Diponegoro dalam keadaan sehat wal’afiat.

Pada kesempatan ini, selaku Panglima Kodam IV/Diponegoro, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta apel yang telah hadir di tempat ini. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengecek dan memastikan kesiapan pasukan dan perlengkapan satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro dalam menghadapi tugas pengamanan Pemilu yang saat ini sedang berlangsung rangkaian tahapannya.

Kita ketahui bersama bahwa tahapan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota Legislatif tentunya memiliki potensi konflik yang tinggi dan kompleks. Untuk itu, guna menjamin keamanan dan kelancaran pesta demokrasi rakyat tersebut, kita dituntut  untuk mampu bekerja sama dengan seluruh komponen bangsa untuk mewujudkan stabilitas keamanan dan kondusifitas wilayah.


Kita tidak boleh mengesampingkan potensi konflik sekecil apapun dan harus dapat mengantisipasi agar tidak berkembang menjadi konflik besar yang dapat mengancam keutuhan bangsa.

Selanjutnya, kita semua harus berpegang teguh pada integritas dan komitmen netralitas TNI. Netralitas adalah komitmen kita untuk tidak berpolitik praktis dengan mendukung salah satu calon yang saat ini sedang berkontestasi dan hal tersebut tidak bisa ditawar-tawar lagi karena menjadi kunci kepercayaan masyarakat terhadap institusi TNI.

Apel kesiapsiagaan pengamanan pemilu 2024 digelar secara serentak dengan melibatkan satuan dari TNI AD, TNI AU, TNI AL, Polri dan Linmas dilaksanakan 8 titik lokasi diwilayah Provinsi Jateng dan Provinsi DIY dengan jumlah total 5.610 personel, selanjutnya gelar pasukan siaga 1 peleton akan disiagakan di masing masing Kodim serta di wilayah Korem akan disiapkan 1 SSK satuan Batalyon yang stand by di satuan masing-masing. Pungkasnya. (AuL).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukseskan Program Pemerintah, Babinsa Jadi Akseptor KB MOP

Aksi Sigap Babinsa Cihonje Atasi Kesulitan Warga Binaanya

Anggota Koramil 08/Kalibagor Bersama Wanita Lansia Laksanakan Senam Bersama