Pelda Darno, Masa Depan Indonesia Berada Di Tangan Generasi Muda

Banyumas – Itulah salah satu materi yang dikupas oleh Pelda Darno, Babinsa Koramil 03/Patikraja dalam rangka pembinaan disiplin dan bela negara di MTS Muhammadiyah Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas kepada siswa-siswi pembina osis dalam rangka pelaksanaan program kesiswaan. Rabu 20/12/2023.


Beberapa materi Bela Negara yang diberikan diantaranya tentang pengertian, dasar hukum, fungsi, tujuan, dan manfaat bela negara. Dilanjutkan dengan contoh-contoh pengamalan Bela Negara, mulai tingkat individu, keluarga, sekolah, bermasyarakat dan bernegara. Tambahnya.

Lima nilai dasar bela negara adalah pertama cinta tanah air, kedua sadar berbangsa dan bernegara, ketiga yakin Pancasila sebagai falsafah dan idiologi negara, keempat rela berkorban untuk bangsa dan negara, kelima memiliki kemampuan awal bela negara secara fisik dan non fisik.

Jadi membela negara bukan hanya tugas dari TNI dan Polri saja, melainkan juga kewajiban seluruh masyarakat Indonesia, hanya bentuknya berbeda-beda. Dilihat dari situasi sekarang, para siswa dan siswi melaksanakan balajar yang rajin itu juga merupakan wujud bela negara. tandasnya.

Pembekalan bidang disiplin dan bela negara memang sangat penting bagi siswa siswi sekolah setingkat SMP karena dengan kegiatan ini diharapkan dapat membentuk mental disiplin generasi muda yang Cinta Tanah Air, Bangsa dan Negara, Jelasnya.

Disimpulkannya, untuk mewujudkan generasi yang militan dan mencintai NKRI, maka generasi penerus bangsa harus mengerti dan memiliki kemampuan awal bela Negara dan jangan sampai terjerumus pada hal-hal yang tidak baik seperti tawuran dan penyalahgunaan obat terlarang. Pungkasnya. (AuL).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukseskan Program Pemerintah, Babinsa Jadi Akseptor KB MOP

Aksi Sigap Babinsa Cihonje Atasi Kesulitan Warga Binaanya

Anggota Koramil 08/Kalibagor Bersama Wanita Lansia Laksanakan Senam Bersama