Saka Wira Kartika Kodim Banyumas Gelar Pendidikan Krida

Banyumas – Guna melatih ketrampilan, Saka Wira Kartika Kodim 0701/Banyumas berlatih krida pada kegiatan Latihan Dasar Taruna Krida dengan metode berkelompok, dengan peserta dibagi sesuai krida yang diminati oleh Anggota Saka yang dilaksanakan dikomplek Kodim 0701/Banyumas Jl. Jenderal Soedirman No. 204 Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas. Senin sore 20/11/2023.


Diawali dengan Upacara Pembukaan selaku pembina upacara Kak Sertu Tofik Hidayat. Dalam amanatnya disampaikan bahwa kegiatan ini menjadi langkah awal untuk mendalami wawasan dan keterampilan sesuai yang diminati serta penilaian dasar pada setiap anggota Saka.

Salah satu Satuan Karya Pramuka (Saka) yang ada di Indonesia adalah Saka Wira Kartika yang dibentuk melalui kerjasama antara Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka dengan TNI Angkatan Darat untuk secara khusus mengembangkan pendidikan bela negara.

Saka Wira Kartika merupakan wadah kegiatan bagi anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam rangka meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat sebagai segala aktivitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan, maupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat, seperti hutan, gunung, rawa, dan sungai.

Di sela-sela kegiatan Kak Rey selaku Koordinator Kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai tahapan dari pendidikan di Saka Wira Kartika, karena proses pendidikan di Saka Wira Kartika dilaksanakan secara bertingkat, bertahap dan berlanjut. Setelah kegiatan ini selesai dan Anggota Krida telah dilantik, selanjutnya untuk dapat berlatih dengan masing-masing instruktur sesuai kualifikasi krida yang dimiliki.

Selanjutnya kegiatan ditutup dengan Upacara Pelantikan dan mengukuhkan Anggota Krida serta pemberian ucapan selamat kepada Anggota Krida yang sudah dilantik oleh Pembina upacara dan kakak pembina yang lainnya. (AuL).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukseskan Program Pemerintah, Babinsa Jadi Akseptor KB MOP

Aksi Sigap Babinsa Cihonje Atasi Kesulitan Warga Binaanya

Anggota Koramil 08/Kalibagor Bersama Wanita Lansia Laksanakan Senam Bersama