TNI-Polri Dampingi Petugas BBTKLPP Di Tambang Emas Ajibarang

Banyumas – Petugas gabungan dari Koramil 13/Ajibarang dan Polsek Ajibarang damping penelitian dampak faktor resiko merkuri terhadap kesehatan di lingkungan penambangan emas oleh Balai Besar Tehnik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta di wilayah Grumbul Tajur Desa Pancurendang Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Rabu 13/09/2023.


Tim peneliti meliputi Sukoso S.ST.M.Sc., Sanitarian Ahli Madya BBTKLPP Yogyakarta beserta tim, Imam Subagyo ST. M.Si., Subkor Kesling Kesjaor Dinkes Kab. Banyumas yang didampingi Iptu Sugiyanto SH., Polsek Ajibarang, Pelda Faturohman, Koramil 13/Ajibarang, Utari Herliani S.E., Pemcam Ajibarang, Syahbani S.Tr.Kl., Puskesmas Ajibarang II, Narisun Kades Pancurendang, Aipda Ristoni Bhabinkamtibmas Pancurendang dan Karipto, Kadus II Pancurendang.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh BBTKLPP Yogyakarta di Grumbul Tajur Desa Pancurendang berupa pengambilan sampel lingkungan dan observasi lingkungan diantaranya pengambilan sampel air sumur di lima titik, pengambilan sampel air badan di lima titik, pengambilan sampel limbah glundung di lima titik, pengambilan sampel padatan sungai di dua titik, observasi kondisi lingkungan tujuh belas lokasi serta wawancara pemilik glundung di lima lokasi.

Faktor resiko merkuri terhadap kesehatan di lingkungan penambangan emas oleh Balai Besar Tehnik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta dilaksanakan atas permintaan dari Dinkes Kabupaten Banyumas serta hasil pengambilan sampel tanah dan air kemudian dibawa ke BBTKLPP Yogyakarta untuk diteliti lebih lanjut guna mendeteksi kandungan merkuri. (AuL).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukseskan Program Pemerintah, Babinsa Jadi Akseptor KB MOP

Aksi Sigap Babinsa Cihonje Atasi Kesulitan Warga Binaanya

Anggota Koramil 08/Kalibagor Bersama Wanita Lansia Laksanakan Senam Bersama