Cegah Stunting, Babinsa Beserta Bidan Desa Berikan Edukasi

Banyumas – Turut peduli dengan kesehatan ibu hamil, Babinsa Desa Nusadadi Koramil 10/Sumpiuh Kopda Puji Triyono beserta  bidan Desa Nusadadi ibu Laely Isnaniyati, Amd.keb., melaksanakan edukasi kepada ibu-ibu hamil guna mencegah stunting di balaidesa Nusadadi Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas. Selasa (13/06/2023).


Babinsa tersebut mengutarakan bahwa Stunting merupakan gangguan tumbuh kembang yang menyebabkan anak memiliki postur tubuh pendek atau jauh dari rata-rata anak lain di usianya. Stunting mulai terjadi ketika janin masih dalam kandungan disebabkan oleh asupan makanan ibu selama kehamilan yang kurang bergizi. Akibatnya, gizi yang didapat anak dalam kandungan tidak mencukupi. Kekurangan gizi akan menghambat pertumbuhan bayi dan bisa terus berlanjut setelah kelahiran.

Jadi kami disini ingin berbagi pengetahuan bahwa ada 6 pencegahan stunting pada anak sejak masih dalam kandungan, pertama lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin, kedua penuhi asupan nutrisi, ketiga mencukupi konsumsi zat besi, keempat terapkan pola hidup bersih dan sehat, kelima hindari paparan asap rokok, dan keenam olahraga teratur agar imun tetap terjaga. Tambahnya.

Program stunting untuk saat ini yaitu, program-program penanggulangan stunting yang telah dilakukan diantaranya adalah, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) pada Balita dan Ibu Hamil, Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) pada remaja putri dan ibu hamiL, peningkatan cakupan imunisasi dasar lengkap pada bayi dan balita, pemberian vitamin A pada Balita. Tegasnya.

Program ini juga melibatkan seluruh pihak-pihak di Kabupaten Banyumas untuk mau berkontribusi dalam menangani stunting dan berharap dengan sinergitas yang kuat ini dapat menjadikan Kabupaten Banyumas menjadi Kabupaten yang sehat dan bebas stunting di tahun 2023. Pungkasnya. (AuL).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukseskan Program Pemerintah, Babinsa Jadi Akseptor KB MOP

Aksi Sigap Babinsa Cihonje Atasi Kesulitan Warga Binaanya

Anggota Koramil 08/Kalibagor Bersama Wanita Lansia Laksanakan Senam Bersama