Peduli Pertumbuhan Anak, Babinsa Arcawinangun Dampingi Posyandu

Banyumas – Peduli terhadap pertumbuhan anak balita, Posyandu Kelurahan Arcawinangun menggelar kegiatan SDIDTK (Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang) yang di pelopori Endah A.Md., (Bidan Kelurahan Arcawinangun) dan Kader Posyandu serta didampingi oleh Sertu Benoni W Babinsa Koramil 01/Purwokerto Utara dan Aipda Timbul P., Bhabinkamtibmas Polsek Purwokerto Timur. Jum’at 03/03/2023.


Pada kesempatan itu Danramil 01/Purwokerto Utara Kapten Arm Sugeng Supriyadi menyampaikan bahwa operasi timbang badan, pengukuran lingkar kepala, lingkar lengan dan pembagian vitamin "A" kepada seluruh Balita, guna mengetahui balita tumbuh sehat guna mencegah gangguan pertumbuhan sedini mungkin.

Untuk Balita yang mengikuti Operasi Timbang Badan, Pengukuran Lingkar Kepala, Lingkar Lengan dan Pembagian Vitamin "A"  umur 01 bulan s/d 4 tahun dengan jumlah hadir 57 Balita yang ada di wilayah RW 11 dan RW 12 kelurahan Arcawinangun Kecamatan Purwokerto Timur dan Alhamdulillah semua balita sehat, serta untuk balita yang kekurangan gizi tidak ada. Melalui kegiatan pemantauan gizi, posyandu berperan penting dalam mencegah risiko stunting pada anak.

Kegiatan ini sesuai Surat Kadinkes Banyumas dan berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 72 Tahun 2022 tentang penurunan angka stunting dalam rangka pelayanan kesehatan balita, pengawasan pertumbuhan balita dan pencegahan stunting serta pemberian nutrisi (PMT).

Dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan balita, sangat tepat untuk meningkatkan gizi balita. Peningkatan gizi balita di posyandu yang dilakukan oleh kader berupa memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, MPASI, Imunisasi, Vitamin A, stimulasi tumbuh kembang anak dan diare pada balita. Pungkasnya. (AuL).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukseskan Program Pemerintah, Babinsa Jadi Akseptor KB MOP

Aksi Sigap Babinsa Cihonje Atasi Kesulitan Warga Binaanya

Anggota Koramil 08/Kalibagor Bersama Wanita Lansia Laksanakan Senam Bersama