Cegah Konflik Sosial, Tim Sintelad Lakukan Binkom di Kodim Banyumas

Banyumas – Guna mencegah konfilk sosial diwilayah, Kolonel Inf R. Moch. Iskandarmanto, S.E., Ketua Tim dari Sintelad Mabes TNI-AD melaksanakan pembinaan komunikasi di aula Jenderal Soedirman Kodim 0701/Banyumas Jln. Jenderal Sudirman No. 204 Kelurahan Kedungwuluh Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas kepada segenap elemen. Selasa 07/03/2023.


Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Iwan Dwi Prihartono, Eko Heru Surono S.Sos Kesbangpol Banyumas, para Perwira Staf dan peserta kegiatan Binkom yang terdiri dari tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, ormas, akademisi dan undangan lainya di wilayah Kabupaten Banyumas.

Dalam sambutannya Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf Iwan Dwi Prihartono, mengatakan kegiatan Pembinaan Komunikasi (Binkom) yang dalam hal ini dari Sintelad Mabes TNI-AD merupakan upaya membantu mencegah konflik dan agar tetap kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pertemuan seperti ini merupakan sarana yang efektif untuk memelihara dan meningkatkan kebersamaan guna membangun komunikasi dialogis sehingga dapat diperoleh kesamaan pandangan dalam memahami setiap permasalahan yang terjadi, kegiatan ini juga merupakan wadah bagi kita untuk berinteraksi secara harmonis saling memberi dan menerima pendapat serta ide-ide positif yang membangun sehingga timbul saling pengertian tentang peran dan tugas serta fungsi masing-masing.

Harapan saya seluruh lapisan masyarakat dapat bersama sama, bersatu padu dalam mencegah konflik sosial di lingkungan kita. Kodim 0701/Banyumas akan berupaya untuk deteksi dini dan cegah dini terhadap kemungkinan potensi konflik yang bisa terjadi di wilayah.

Melalui proses ini pula diharapkan dapat mencapai kesamaan pemahaman serta menghasilkan berbagai pemikiran cemerlang sebagai solusi terbaik demi peningkatan kerjasama dalam rangka membangun karakter bangsa guna mencegah adanya konflik sosial di masyarakat.  Pungkasnya.

Sementara itu Kolonel Inf R. Moch. Iskandarmanto, S.E., sebagai Tim Binkom Sintelad membacakan amanat  Asintel KASAD yang intinya ucapan terima kasih kepada Dandim beserta jajarannya atas terselenggaranya kegiatan Binkom pencegahan dini jika terjadi konflik sosial di wilayah Kodim Banyumas, rasa terima kasih juga saya aturkan kepada para narasumber yang telah meluangkan waktu untuk memberikan pembekalan kepada para peserta.

Pada tahun 2024 mendatang Indonesia akan menyelenggarakan pesta demokrasi untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPR-RI, DPRD Propinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota serta Pilkada Gubernur, Bupati serta Walikota di seluruh Indonesia.


Pada hakikatnya Pemilu merupakan sarana kongrit bagi rakyat untuk menentukan pimpinan pemerintah dan diharapkan masyarakat antusias berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024 guna mencapai hasil pilkada yang berkualitas dan terintegrasi.

Dalam menghadapi berbagai macam problematika bangsa ini diperlukan langkah-langkah yang baik yang cerdas, benar dan bijaksana dari seluruh pihak, konflik bukan tanggung jawab pemerintah semata-mata melainkan tanggung jawab seluruh pihak yang memiliki tanggung jawab moral oleh karena itu upaya untuk mencegah terjadinya konflik sosial merupakan langkah strategis yang perlu dilakukan agar konflik sosial tidak meluas.

Marilah kita segenap komponen bangsa selalu bekerja sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, segera melaporkan kepada pihak yang berwenang apabila terdapat hal-hal mengarah pada potensi konflik di sekitar tempat tinggal masing-masing sehingga upaya preventif dapat ditempuh guna menghindari kerugian. Ikuti kegiatan dengan motivasi dan semangat tinggi manfaatkan dengan sebaik-baiknya kegiatan ini serta jadikan sebagai wahana untuk mendiskusikan solusi terhadap persoalan yang ada di wilayah. Pungkasnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukseskan Program Pemerintah, Babinsa Jadi Akseptor KB MOP

Aksi Sigap Babinsa Cihonje Atasi Kesulitan Warga Binaanya

Anggota Koramil 08/Kalibagor Bersama Wanita Lansia Laksanakan Senam Bersama