Babinsa Dampingi Penyaluran Bantuan PKH di Desa Samudra

Banyumas – Bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) di wilayah desa Samudra Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas cair, tampak Serda Syaifudin Babinsa Koramil 14/Gumelar sedang mendampingi warga yang akan mengambil bansos di Agen E-Warung tersebut. Rabu 15/03/2023.


Pada kesempatan itu, Kristiono, S.Pd.I  Kades Samudra menyampaikan bahwa ada 521 KPM di desa Samudra mendapatkan bansos PKH dari kemensos RI sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan.

Adapun jumlah dana Bansos PKH yang diterima dengan rincian sebagai berikut, PKH Distabilitas, Lansia Rp. 600.000, PKH Anak sekolah SD Rp. 225.000, SMP Rp. 375.000, SMA Rp. 500.000, PKH Ibu Hamil Rp. 750.000, dan Balita Rp. 750.000, tanpa potongan. Tambahnya.

Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka. Manfaat PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia.

Yang menerima PKH adalah warga miskin yang memenuhi kriteria kemiskinan, memiliki komponen PKH dalam 1 KK (Kartu Keluarga), sudah masuk DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), memiliki NIK yang sudah padan/online sistem Dukcapil, dan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Sosial sebagai penerima PKH. Pungkasnya. (AuL).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukseskan Program Pemerintah, Babinsa Jadi Akseptor KB MOP

Aksi Sigap Babinsa Cihonje Atasi Kesulitan Warga Binaanya

Anggota Koramil 08/Kalibagor Bersama Wanita Lansia Laksanakan Senam Bersama