Ukur Kemampuan Prajurit, Kodim Banyumas Gelar UTP

 Banyumas – Guna mengukur kemampuan prajuritnya, Kodim 0701/Banyumas menyelenggarakan Uji Terampil Perorangan (UTP) Umum bagi prajurit Tamtama dan Bintara yang diikuti oleh 457 orang. Kegiatan tersebut merupakan realisasi dari pelaksanaan program latihan pada Triwulan I TA 2023 bertempat di komplek Kodim 0701/Banyumas Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. Rabu (08/03/2023).


 

Dalam kesepatan itu Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf Iwan Dwi Prihartono, menyampaikan bahwa UTP merupakan tahap latihan untuk menguji ketrampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan dilatihkan pada tahap pelaksanaan Latorsar (Latihan Perorangan Dasar), tujuannya untuk mengetahui kemampuan dan keterampilan masing-masing prajurit sesuai dengan tugas pokoknya, agar dapat mencapai kemampuan standar, sesuai dengan Pangkat dan jabatan baik di bidang Militer Umum, bidang Teritorial maupun Intelijen.

 


Penguji dilaksanakan sesuai tingkat kecakapannya dalam menguasai teknis militer umum dan teknis militer kecabangan, dengan mengacu pada ketentuan dalam BPUP 2 sampai dengan 7 Ter dan BPUP 5-7 Intel adapun pelaksanaannya dibagi dalam 2 tahap. Tambahnya.

 

Kepada seluruh prajuritnya bahwa latihan ini merupakan kegiatan yang sudah terprogram dan dilaksanakan setiap tahun, namun demikian bukan berarti bahwa latihan hanya bersifat seremonial semata, namun harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, sehingga nantinya hasil yang diperoleh bisa lebih optimal. Tegasnya.

 

Uji terampil perorangan (UTP) ini dilaksanakan selama 3 hari mulai dari tanggal 7 s/d 9 Februari 2023 dengan beberapa materi diantaranya Permildas, pengetahuan senjata, peta jarak, Kompas, Komsos, Sikap teritorial, 5 kemampuan teritorial, Bhakti TNI, Binwanwil, Sisrendal Binter, dan Tatalaksana Binter. Pungkasnya. (AuL).


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukseskan Program Pemerintah, Babinsa Jadi Akseptor KB MOP

Aksi Sigap Babinsa Cihonje Atasi Kesulitan Warga Binaanya

Anggota Koramil 08/Kalibagor Bersama Wanita Lansia Laksanakan Senam Bersama