Babinsa Ikuti Pelatihan Water Rescue di Klapagading

Banyumas – Untuk menghindari korban kasus tenggelam, PMI Sibat Wangon Kabupaten Banyumas menggelar Pelatihan Water Rescue atau menolong orang tenggelam yang diselenggarakan di Embung Desa Klapagading Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas. Selasa (07/02/2023).


Peserta pelatihan diikuti oleh Serma Masroni Babinsa Desa Klapagading Koramil 19/Wangon, Bripka Tri Umbu Bhabinkamtibmas Polsek Wangon, anggota Linmas Desa Klapagading yang dihadiri bapak Kuntadi Kepala Desa Klapagading.

Pada kesempatan itu Ketua PMI Kecamatan Wangon bapak Aji S., menyampaikan bahwa pentingnya pelatihan water rescue ini dalam rangka meningkatkan keterampilan dan kompetensi petugas dilapangan guna melakukan penyelamatan saat terjadi laka air.

Pelatihan ini sangat penting untuk peningkatan kapasitas regu penolong dalam menyelamatkan orang yang tenggelam maupun korban banjir. Kegawat daruratan air merupakan salah satu penyebab kamatian dalam konteks kecelakaan atau bencana alam. Terangnya.

Water rescue merupakan suatu teknik pertolongan/evakuasi yang dilakukan di air. Atau suatu tindakan penyelamatan secara efektif dan efisien, jiwa manusia dan segala sesuatu yang berharga yang berada dalam keadaan mengkhawatirkan di air. jelasnya.

Pelatihan ini diadakan guna meningkatkan kembali kewaspadaan dan penyegaran materi yang telah disampaikan dalam simulasi dan evakuasi tenggelamnya orang, maka langkah utama adalah evakuasi agar tidak ada korban. Bencana bisa saja terjadi kapan saja dan dimana saja. Oleh sebab itu masing-masing dari diri kita harus punya bekal kemampuan mengatasi atau bertahan apabila terjadi bencana dalam kehidupan kita sehari-hari. Pungkasnya. (AuL).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukseskan Program Pemerintah, Babinsa Jadi Akseptor KB MOP

Aksi Sigap Babinsa Cihonje Atasi Kesulitan Warga Binaanya

Anggota Koramil 08/Kalibagor Bersama Wanita Lansia Laksanakan Senam Bersama