Babinsa Jatilawang Ikuti Tradisi Budaya Leluhur Perlon Rikat

Banyumas – Di Desa Pekuncen Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ada suatu kaum yang memiliki budaya dan adat istiadat yang unik. Kaum itu bernama Wangsa Bonokeling. Mereka merupakan keturunan dari Kyai Bonokeling.


Guna menjunjung tinggi berbagai tradisi dan adat istiadat yang diajarkan oleh Kyai Bonokeling, anak cucu Bonokeling menggelar Perlon Rikat dimakam kyai Bonokeling yang terletak di desa Pekuncen Kecamatan Jatilawang yang dihadiri oleh Babinsa Koptu Hasan Ismail S., serta Bhabinkamtibmas Polsek Jatilawang Aipda Eko S. SH., dan Kepala Desa Pekuncen bapak Karso S.Pd., Senin 09/01/2023.

Pada kesempatan itu Koptu Hasan Ismail Babinsa Koramil 21/Jatilawang menjelaskan kegiatan ini adalah dari anak cucu kyai Bonokeling yang berada di desa Pekuncen kecamatan Jatilawang maupun yang berasal dari Adiraja Kabupaten Cilacap untuk melaksanakan Perlon Rikat yang berarti bersih-bersih makam.

Adapun tradisi yang dilaksanakan adalah membersihkan makam, doa bersama dan masak-masak dengan menyembelih 9 ekor kambing dan 380 ekor ayam kemudian dimakan bersama-sama oleh peserta yang hadir dan sisanya nanti dibagikan kepada warga sekitar. Terangnya.


Menurut cerita Ketua Adat Bonokeling, Kyai Sumitro, Kyai Bonokeling merupakan bangsawan dari Kadipaten Pasirluhur yang saat itu menjadi bagian dari wilayah Kerajaan Padjajaran. Pada waktu itu, Kyai Bonokeling memilih untuk menepi dan membuka lahan tani di Desa Pekuncen, Banyumas dan mengajarkan cara bercocok tanam serta beternak kepada warga setempat. Selain itu, ia juga menyebarkan ajaran Islam dengan mengakomodasi tata nilai budaya lokal.

Keyakinan Wangsa Bonokeling yang dianut oleh warga di Desa Pekuncen Jatilawang Banyumas dan Adiraja Cilacap merupakan budaya yang harus dilestarikan dan bukan untuk diperdebatkan. Karena keyakinan itu sudah ada sejak nenek moyang kita beberapa ratusan tahun silam, namun hingga kini tetap lestari setia dianut para pengikutnya. Pungkasnya. (AuL).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukseskan Program Pemerintah, Babinsa Jadi Akseptor KB MOP

Aksi Sigap Babinsa Cihonje Atasi Kesulitan Warga Binaanya

Anggota Koramil 08/Kalibagor Bersama Wanita Lansia Laksanakan Senam Bersama