Dandim 0701/Banyumas Tinjau Langsung Lokasi Bencana Banjir Di Rawalo Banyumas

Banyumas, Bencana Banjir akibat  intensitas hujan yang tinggi semalam rabu 02/12/2020 sehingga mengakibatkan sungai Serayu meluap serta melanda rumah warga di Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, Kodim 0701/Banyumas mendapatkan laporan setidaknya ada 97 Rumah di Dusun Kaliwangi Desa Tambaknegara Kecamatan Rawalo  yang terendam banjir setinggi 50 centi meter dan ada 1 rumah serta 4 warung di Dusun Banjarwaru Desa Banjarparakan  Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas dengan ketinggian air 1 – 2 Meter.

 


Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf. Candra S.E., M.I.Pol., menyampaikan bahwa ada 97 rumah di Desa Kaliwangi Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas yang terendam banjir sampai dengan siang ini (Kamis 03/12/2020), bencana banjir ini karena adanya hujan yang cukup deras dari kemarin (rabu 02/12/2020) sampai dengan pagi ini.

 

Atas kejadian tersebut, Dandim 0701/Banyumas sudah menerjunkan sejumlah personel TNI bersama BPBD, Polri dan masyarakat setempat. Untuk masyarakat yang terdampak terutama yang ada di pinggiran aliran sungai serayu agar di evakuasi ke tempat yang lebih aman.

 


Dandim 0701/Banyumas juga mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di lokasi bencana agar selalu waspada mengingat musim hujan. Bahkan di sejumlah tempat yang sudah dilanda longsor dan banjir seperti Sokaraja, Kemranjen, Kembaran, Banyumas, Gumelar dan sepanjang bantaran Sungai Serayu harus siaga bencana" katanya. Selain itu, masyarakat terus mencermati potensi hujan dan tanggul sungai untuk mengantisipasi bencana banjir atau longsor yang tak terduga.

 

TNI, Polri, BPBD akan bersama sama menyiapkan dapur umum dan sarana evakuasi apabila nanti ada kenaikan debit air, tetap akan kita pantau dalam 8 (delapan) jam ini apabila ada penurunan debit air maka akan di evaluasi lebih lanjut lagi, tambah Dandim.

 


Dandim 0701/Banyumas menghimbau masyarakat selalu waspada dan menyampaikan apresiasi atas semangat kerja bakti atau gotong royong masyarakat bersama TNI, Polri dan BPBD. Menurutnya dalam kebersamaan penanganan bencana itu dapat menjadi upaya untuk mempererat tali silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat Banyumas guna mengatasi kesulitan rakyat. (AuL).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukseskan Program Pemerintah, Babinsa Jadi Akseptor KB MOP

Aksi Sigap Babinsa Cihonje Atasi Kesulitan Warga Binaanya

Anggota Koramil 08/Kalibagor Bersama Wanita Lansia Laksanakan Senam Bersama