Dandim 0701/Banyumas Ikuti Upacara Hari Pahlawan Tahun 2020 Secara Virtual

Banyumas – Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf. Candra SE.,M.I.Pol mengikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 secara virtual yang dipimpin oleh Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P., di Ruang Joko Kahiman Komplek Pendopo Bupati Kabupaten Banyumas, Kelurahan Sokanegara Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas,  Selasa (10/11/2020).

 


Upacara secara virtual tersebut dipimpin langsung Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo yang dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta, Adapun yang menghadiri Upacara di Pendopo Bupati Kabupaten Banyumas Kolonel Inf. Dwi Lagan Safrudin, S.I.P (Danrem 071/Wijayakusuma), Kombes Pol. Drs. Didi Hardi Sopandi (Kepala SPN Purwokerto), Ir. Achmad Husein (Bupati Banyumas), dr. Budhi Setiawan (Ketua DPRD Kab. Banyumas),  Kombes Pol. Whisnu Caraka, S.I.K (Kapolres Banyumas), Letkol Inf Candra, S.E. M.I. Pol (Dandim 0701/Banyumas), Ir. Wahyu Budi Saptono, M. Si (Sekda Kab. Banyumas), Ir. Didi Rudwianto, S.H.,M.Si (Aspem dan Kesra Kab. Banyumas), Sunarwan,S.H.,M.H. (Kajari Purwokerto), Muh Arif Nuryanta, S.H.,M.H. (Ketua PN Purwokerto), Abdullah Mahrus,S.H.,M.H. (Ketua PN Banyumas), Drs.Setia Rahendra, M.Si (Bakesbangpol Kab. Banyumas), Forkompimda Kab. Banyumas, Para asisten Sekda Kab. Banyumas dan OPD Kab. Banyumas.

 

Dikatakan Presiden Republik Indonesia dalam amanatnya, Mari kita panjatkan puji syukur kehadiran Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa karena atas limpah karuniaNYA, pada hari ini di seluruh pelosok tanah air kita dapat melaksanakan upacara bendera dan mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik untuk memperingati Hari pahlawan 10 November 2020 dengan khikmat, meskipun di tengah masa pandemi Covid ini. Tentunya dengan jumlah yang terbatas dan disesuaikan dengan protokol Kesehatan.

 


Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekedar di ingat pada tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan Kedulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia perlu terus di kenang sepanjang masa oleh kita semua sebagaimana tema hari pahlawan tahun 2020 yaitu “Pahlawanku Sepanjang Masa”

 

Apa yang telah dilakukan oleh pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka. Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti : kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan termasuk berjuang melawan pandemi Covid yang saat ini melanda dunia.

 

Pada kesempatan ini saya menghimbau kepada seluruh rakyat Indonesia untuk berpartisipasi memperingati Hari Pahlawan tahun 2020 sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan, sebagai ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Soekarno yang menyatakan bahwa “…Hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar…”

 


Terkait dengan pelaksanaan kegiatan tersebut, Dandim 0701/Banyumas mengatakan, Upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun ini, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. "Upacara peringatan Hari Pahlawan ini dilaksanakan secara virtual diseluruh penjuru tanah air dikarenakan masih adanya pandemi Covid-19", terangnya.

 

Dikatakannya, hal tersebut dilaksanakan sebagai upaya pencegahan berkembangnya Covid-19 di Indonesia khususnya di wilayah Kabupaten Banyumas, selain itu untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menjalankan protokol kesehatan dengan tidak menyelenggarakan kegiatan secara berkelompok.

 

"Meskipun dilaksanakan secara virtual, namun hal tersebut tidak mengurangi makna dari peringatannya itu sendiri", terangnya.

 


Dandim 0701/Banyumas, berharap di Hari pahlawan tahun 2020 ini, Komponen bangsa harus semakin solid dan profesional dalam melanjutkan pengabdiannya kepada bangsa dan negara. Disamping itu, sesuai dengan tema yang diambil dalam peringatan Hari Pahlawan ini, “ Pahlawanku sepanjang masa “ yang bermakna kita harus saling bekerja sama dengan segenap komponen bangsa lainnya untuk saling membantu masyarakat dalam mengentaskan kemiskinan dan permasalahan bangsa yang ada. Jelas Dandim. (AuL).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukseskan Program Pemerintah, Babinsa Jadi Akseptor KB MOP

Aksi Sigap Babinsa Cihonje Atasi Kesulitan Warga Binaanya

Anggota Koramil 08/Kalibagor Bersama Wanita Lansia Laksanakan Senam Bersama