Anggota Kodim 0701/Banyumas Melaksanakan Penyuluhan P4GN dan Test Urine

Banyumas – Puluhan TNI anggota Komando Distrik Militer (Kodim) 0701/Banyumas Rabu (25/11/2020), mengikuti kegiatan penyuluhan dan tes urine di Aula Koramil 23/Cilongok Alamat Jln. Raya Cilongok - Ajibarang Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas dalam rangka Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Triwulan IV Tahun 2020. Tes urine itu sengaja dilakukan Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra SE., M.I.Pol melalui Pjs. Pasi Intel Kodim 0701/Banyumas Lettu Cba. Triyono sebagai upaya untuk memastikan TNI bersih dari pengaruh narkoba.

 


Provinsi Jawa Tengah menempati rangking ke 4 daerah dengan jumlah penyalahgunaan narkoba terbanyak. Sebab dari data Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Tengah sekitar 195 ribu orang menggunakan narkoba atau 1,3 persen dari total jumlah penduduk di Jawa Tengah, sumber dari Kepala BNNP Jawa Tengah, Brigjen Pol Benny Gunawan (10/2020).

 

Pjs. Pasi Intel Kodim Lettu CBA Triyono menyampaikan “Melihat angka tersebut, dalam pemberantasan narkoba wajib dilakukan bersama-sama, sinergi antara aparat keamanan, aparat pemerintah dan masyarakat sangat berpengaruh terhadap minimnya penyebaran Narkoba.

 


“Dalam program pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, kita juga melaksanakan penyuluhan dan melakukan cek urine secara acak dan mendadak terhadap anggota TNI tanpa pemberitahuan sebelumnya,” kegiatan tes urine bukan untuk mencari kesalahan namun justru untuk mencegah jangan sampai ada anggota TNI yang terkena penyalahgunaan narkoba, ujar Pejabat Sementara Pasi Intel.

 

Dijelaskannya, tes urine itu dilakukan melibatkan Koramil jajaran Kodim 0701/Banyumas sebanyak 30 orang dan Hasil tes urine tersebut semuanya NEGATIF. Tak satu pun anggota TNI maupun PNS di Kodim Banyumas terlibat narkoba. saya tegaskan jika ada anggota yang terlibat narkoba, pasti saya proses melalui jalur hukum yang berlaku sehingga dapat menimbulkan efek jera buat seluruh anggota militer dan PNS jajaran Kodim 0701/Banyumas” tegas Lettu CBA. Triyono.

 


Dalam melaksanakan kegiatan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Triwulan IV Tahun 2020, Kodim 0701/Banyumas juga menggandeng Kapten Ckm Eko Yuliono (Pasiminkes Denkesyah 1/IV Purwokerto) beserta anggota DKT Purwokerto yang dibantu oleh Kapten Arm Ali Sobirin (Danramil 23/Cilongok), Staf Intel Kodim 0701/Banyumas dan Provost Kodim 0701/Banyumas. (AuL).



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukseskan Program Pemerintah, Babinsa Jadi Akseptor KB MOP

Aksi Sigap Babinsa Cihonje Atasi Kesulitan Warga Binaanya

Anggota Koramil 08/Kalibagor Bersama Wanita Lansia Laksanakan Senam Bersama